PERMAINAN Dalam pramuka
Permainan
Permaninan dalam kegiatan kepramukaan mempunyai
fungsi sebagai alat pendidikan sekaligus kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan
permainan bersifat umum artinya dapat dilaksanakan pada berbagai kegiatan.
Permainan ini dapat dilaksanakan di rumah, sekolah dalam berbagai acara seperti
acara latihan pramuka.
1). Sepasang demi
sepasang.
Alat :
o beberapa
kartu yang telah bertuliskan nama-nama hewan masing-masing sepasang.
o terpal
atau tali untuk areal berkumpul.
Cara bermain :
o tiap
peserta diberi satu kartu bernama hewan.
o setiap
peserta merahasiakan nama hewan yang tertulis pada kartunya.
o Pembina
menyerukan kata mulai, setiap peserta yang memiliki kartu nama hewan memerankan
mimik, suara dan berjalan berpasangan menuju tempat yang telah disediakan.
2). Siapa
lebih cepat.
Alat :
o bendera
semaphore.
Cara bermain :
o peserta
membentuk sebuah barisan setengah lingkaran.
o pembina
(pemburu pertama) berdiri menghadap barisan setenagn lingkaran.
o kesepakatan
bahwa huruf atau inisial nama diambil dari nama panggilan sehari hari.
o pemburu
menyampaikan isyarat (dengan semaphore).
o peserta
yang namamya disampaikan oleh pemburu pindah tempat atau keluar melalui
belakang barisan.
o pada
saat bersamaan pemburu mencari tempat yang kosong untuk menjadi anggota barisan
setengah lingkaran.
o peserta
yang tidak mendapat tempat pada barisan menggantikan posisi sebagai pemburu.
o dan
seterusnya.
3). Polo ala pramuka
Alat :
o bola
dan tali tiap regu
o lintasan
tiap regu.
Cara bermain :
o formasi
estafe peserta pertama menggiring bola dengan seutas tali melewati garis.
o setelah
melewati batas/garis peserta kedua menggantikan menggiring bola dan seterusnya.
o regu
yang lebih cepat mencapai finis dinyatakan sebagai regu pemenang.
4). Hoki ala pramuka
Alat/sarana
:
o beberapa
tiang untuk lintasan slalom.
o papan
penembak dan gawang.
o stik
/ pemukul dan bola tenis.
o areal/lapangan.
Cara bermain :
o tentukan
lintasan slalom, tempat/areal menembak dan gawang.
o peserta
menggiring bola dengan stik melewati lintasan slalom.
o setelah
peserta sampai di tempat/areal menembak, peserta menembakkan bola ke gawang.
o peserta
selanjutnya melakukan hal yang sama.
o pemenang
adalah regu yang lebih banyak memasukkan bola ke gawang dalam waktu yang telah
ditentukan.
5). Kim rasa
Alat :
o buah
aneka jus dengan satu warna.
Cara bermain :
o setiap
peserta di beri sedikit minuman aneka jus
o setelah
semua peserta di beri sedikit minuman aneka jus, peserta diminta untuk
menyebutkan nama jus yang dicicipinya sesuai dengan urutan penyajian.
o peserta
dinyatakan sebagai pemenang apabila peserta dapat dengan tepat menyebutkan secara
urut nama minuman jus yang telah disajikan.
6). Kim raba.
Alat :
o sejumlah
kantung platsik belanja tidak tembus pandang.
o sejumlah
benda yang bisa diraba.
o kotak
kecil tempat benda.
Cara bermain :
o setiap
benda dimasukkan ke dalam kotak (ditempel dengan selotip)
o semua
benda dimasukkan ke dalam kantong plastic besar.
o peserta
diminta meraba dan menebak benda apa gerangan yang ada di dalam kantong secara
bergantian.
o peserta/regu
dinyatakan sebagai pemenang apabila peserta dapat dengan tepat menyebutkan benda
yang terdapat dalam kantong dengan jumlah terbanya.
7). Berapa rupiah
Alat :
o sejumlah
kantong plastik.
o sejumlah
uang logam dengan nilai nominal beragam dan masing-masing kantong memiliki
jumlah uang yang sama.
Cara bermain :
o setiap
regu dalam formasi estafe dengan nomor urut masing-masing.
o pembina
memanggil nomor peserta dan menyebut nilai nominal tertentu.
o peserta
yang dipanggil menuju kantong untuk mengambil mata uang logam sesuai yang
diminta pembina.
o peserta
menyerahkan uang yang telah diambil kepada pembina.
o peserta/regu
pemenang ditentukan dari besarnya jumlah uang yang berhasil dikumpulkannya.
8). Lomba vokal.
Alat :
o selembar
kertas bertuliskan bait/kalimat pertama sebuah lagu (terkenal).
o tulisan
kata demi kata dari bait/kalimat pertama sebuah lagu tersebut pada lembaran kertas.
Cara bermain :
o letakkan
selembar kertas yang bertuliskan bait/kalimat pertama sebuah lagu beberapa
meter dari setiap regu.
o setiap
regu membentuk formasi barisan estafet.
o pada
saat pembina memberi aba-aba mulai peserta mengambil potongan-potongan kertas
satu demi satu yang telah di sediakan pada tempat yang berlawanan dari letak
kertas yang bertuliskan bait/kalimat pertama sebuah lagu.
o beregu
menyusun potongan-potongan kata yang telah terkumpul menjadi sebuah kalimat.
o regu
menyanyikan lagu bersama-sama
9). Mengambil tali di celana/rok.
Alat/sarana :
o sejumlah
tali tali (sesuai dengan jumlah pemain).
o areal
permainan
Cara bermain :
o setiap
peserta dibagikan seutas tali dengan ukuran panjang yang sama.
o setiap
peserta memenyelipkan seutas tali tersebut di bagian belakang celana/roknya.
o posisi
para peserta di atur menyebar sedemikian rupa.
o pada
saat pembina memberi aba-aba mulai setiap peserta berusaha mengambil tali
peserta lain sambil tetap menjaga tali pada celana/roknya masing-masing agar
tetap tidak diambil oleh peserta lain.
o pemenang
ditentukan dari peserta/regu yang berhasil mengambil tali peserta lain.
10). Bergerak bersama dalam satu lingkaran tali.
Alat/sarana :
o sejumlah
tali.
o sejumlah
benda yang bisa diambil.
o areal/lapangan.
Cara bermain :
o setiap
kelompok membentuk lingkaran sebesar tali yang telah disiapkan dengan posisi
menghadap keluar.
o sambil
menjaga bentuk lingkaran secara perlahan kelompok bergerak menuju benda yang
telah ditempat di suatu titik.
o pemenang
ditentukan dari regu yang terlebih dahulu mengambil benda pada titik yang telah
ditentukan.
Badel Powell
berkata:
“Tujuan akhir
membina Pramuka adalah mempersiapkan manusia mantap untuk Tanah Air tercinta,
manusia yang kuat mental, fisik dan jiwanya, manusia yang dapat dipercaya,
manusia yang mampu menghadapi tugas berat dan kesukaran, manusia yang teguh
dan tidak tergoyah oleh berbagai ungkapan massa, manusia yang mampu memberi
banyak pengorbanan demi kejayaan bangsa, memiliki patriotisme tidak sempit,
tetapi dengan pandangan luas mampu melihat dengan simpatik cita-cita mulia
para patriot negara lain ”
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar